Senin, 20 Agustus 2018

Cara Mudah Install TWRP + Root Smartphone Samsung J5

Cara Install TWRP + Root Smartphone Samsung J5 - Kalau kita bicara dan membahas tentang teknik rooting smartphone memang tak akan pernah ada habisnya. Hal ini dikarenakan masing – masing smartphone memiliki cara dan teknik rooting tersendiri yang masing – masing memiliki perbedaan satu dengan yang lain. Hal yang serupa juga berlaku bagi smartphone Samsung J5 tentunya.

Untuk Anda yang memiliki beberapa keperluan untuk melakukan rooting pada Samsung J5 disini CaraAndroid.NET akan berikan bocoran tentang bagaimana cara mudah install TWRP dan root smartphone Samsung J5 dengan mudah.


Hanya saja konsekuensinya sudah harus Anda tahu bahwa setelah proses rooting berjalan dan berhasil, garansi pabrik Anda akan hilang. Jika memang Anda sudah siap dengan konsekuensinya, Anda bisa lakukan langkah – langkah berikut ini! Yuk simak!
Cara Mudah Install TWRP + Root Smartphone Samsung J5

Cara Mudah Install TWRP + Root Smartphone Samsung J5


Pertama – tama sebelum root smartphone Samsung J5 Anda harus instalasi dulu TWRPnya. Cara mudah install TWRP Samsung J5 sebagai berikut :
  • Setelah semua persiapan selesai dilakukan, langkah pertama yang Anda perlu lakukan kemudian yaitu buka smartphone Anda dan kemudian aktifkan atau enable OEM Lock dan juga USB debugging. Jika sudah aktif bisa Anda segera lewati langkah ini.
  • Langkah selanjutnya masuklah ke menu CWM. Caranya dengan Anda matikan perangkat atau smartphone sampai benar – benar off dan lanjutkan dengan menekan tombol “power + volume atas + home” secara bersama – sama. Kemudian Anda pilih pada kotak dialog wipe data atau factory reset. Jika sudah selesai matikan smartphone.
  • Langkah ketiga Anda bisa masuk ke downloading mode dan tekan pada tombol kombinasi antara “power + volume bawah + home” secara bersama – sama kurang lebih selama 3 – 5 detik sampai nantinya muncul tampilan yang bertuliskan “Downloading mode”.  Kemudian lanjutkan dengan Anda tekan tombol volume atas.
  • Langkah selanjutnya sambungkan smartphone Anda ke PC atau laptop dengan kabel USB.
  • Kemudian buka aplikasi ODIN dengan klik kanan dan pilih run as administrator.
  • Setelah aplikasi ODIN terbuka selanjutnya klik “AP” maka secara otomatis layar terbuka akan muncul dan Anda bisa melanjutkannya dengan mencari file dengan nama “TWRP 3.1.1 SM-J530XX” yang sebelumnya sudah Anda unduh. Setelah itu klik open.
  • Jangan Anda klik start dulu pada tahap ini akan tetapi lakukan beberapa metode pengaturan yang lain yaitu buka pada tab option di aplikasi odin dan kemudian jangan hilangkan tanda centang pada auto reboot.
  • Setelah semua pengaturan selesai Anda jalankan kemudian selanjutnya klik pada tombol start dan tunggu sampai prosesnya benar – benar selesai semua.
  • Langkah ketujuh jangan Anda lepaskan kabel USB dulu. Akan tetapi metode flashing atas patched boot J5 pro Anda perlu lakukan. Cara melakukan flashingnya yaitu dengan membuka di aplikasi Odin dan klik tombol start seperti langkah sebelumnya.
  • Jika semua proses instalasi berhasil akan Anda temukan tulisan “Pass” yang muncul. Pada tahap ini Anda harus menutup aplikasi odin dan kemudian cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone Anda dengan PC atau laptop.
  • Agar Anda bisa masuk pada menu mode recovery (TWRP) untuk pertama kalinya, Anda harus tekan dan tahan dulu pada tombol kombinasi “Home + Power + Volume Bawah” secara bersama – sama sampai ponsel Anda bergetar.
  • Sesaat setelah Anda temukan getaran, Anda bisa segera tekan pindahkan segera dari volume bawah menuju ke volume atas dengan Anda tetap tahan tombol kombinasi “Home + Power”
  • Kemudian masuklah ke menu mode recovery dengan cara tekan tombol “Home + Volume atas + Power” kembali secara bersama – sama. 

Setelah Anda melakukan instalasi TWRP seperti cara diatas, barulah root smartphone Samsung J5 dapat berjalan. Anda bisa menerapkan metode rootnya sesuai dengan arahan dan jangan pernah sekalipun skip metode root ini. Ikuti saja sampai prosesnya selesai dan bersabarlah karena kalau Anda skip atau cancel tentu akan ada proses yang tidak sempurna atau malah menimbulkan potensi kegagalan nantinya.


Selamat mencoba tutorial yang kami bagikan diatas dan semoga berhasil.


EmoticonEmoticon